Manfaat bunga pukul empat

Manfaat bunga pukulo empat
Manfaat bunga pukul empat. Bunga pukul empat(Mirabilis jalapa) adalah sejenis tumbuhan hias yang mudah dijumpai di pekarangan dan merupakan anggota spesies Mirabilis yang paling populer. Nama "jalapa" diambil dari nama kota di Meksiko, negara yang dianggap sebagai asal usul tumbuhan populer ini. Diduga, tumbuhan ini disebarkan dari wilayah Andes di Peru pada tahun 1540 oleh pedagang Spanyol.


Nama Lokal :

Kembang pukul empat (Indonesia, Sumatra); kembang pagi sore, bunga waktu kecil (Sumatra); kederat, segerat, tegerat (Jawa); kupa oras, cako raha (Maluku); bunga-bunga paranggi, bunga-­bunga parengki (Sulawesi); pukul ampa, turaga, bodoko sina, bunga tete apa (Sulawesi).

Uraian :

Herba tahunan, tegak, tinggi 20cm - 80cm, berasal dariAmerikaSelatan dan banyak ditanam orang sebagai tanaman hias pekarangan atau sebagai pembatas pagar rumah. Tumbuh di dataran rendah yang cukup mendapat sinar matahari maupun daerah perbukitan. Termasuk suku kampah-kampahan berbatang basah, daunnya berbentuk jantung, warna hijau tua panjang 2-11 cm, lebar 8 mm - 7 cm, pangkal daun membulat, ujung meruncing, tepi daun rata, letak berhadapan, mempunyai tangkai daun yang panjangnya 6 mm - 6 cm. Bunganya berbentuk terompet, dengan banyak macam warna, antara lain: merah, putih, jingga, kuning, kombinasi/belang-belang. Mekar di waktu sore hari dan kuncup kembali pada pagi harimenjelang fajar. Buahnya keras, warna hitam, berbentuk telur, dapat dibuat bedak. Kulit umbinya berwarna coklat kehitaman, bentuk bulat memanjang, panjang 7 cm - 9 cm dengan diameter 2 cm - 5 cm, isi umbi berwarna putih.

Komposisi :

Kandungan kimia : Akar mengandung betaxanthins. Buah mengandung zat tepung, lemak (4,3%), zat asam lemak (24,4% zat asam minyak (46,9%).


1. Bisul

Cuci bersih 10 lembar daun kembang pukul empat, lumatkan, lalu tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan hasil lumatan pada bisul dan daerah sekelilingnya, lalu balut dengan kain atau perban.

2. Infeksi saluran kencing/prostatitis, radang amandel, kencing manis (diabetes melitus), kencing berlemak, keputihan (leucorrhea), erosi mulut rahim (cervical erosion), dan radang sendi akut (acute arthritis)

Rebus 9—15 g kering atau 15—30 g segar akar kembang pukul empat dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

Itulah Manfaat dan Khasiat Kembang Pukul Empat Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada khasiat lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua.